Sabtu, 21 Juli 2012

PENGERTIAN PEMAHAMAN

Pengertian5 - “Pemahaman adalah proses, perbuatan, cara memahami atau memahamkan” (KBBI, 1993 : 636). Dalam hal ini pemahaman dapat diartikan sebagai proses pembelajaran yang diikuti hasil belajar sesuai dengan tujuan tujuan pembelajaran. Suharsimi (2009 : 118) menyatakan bahwa pemahaman (comprehension) adalah bagaimana seorang mempertahankan, membedakan, menduga (estimates), menerangkan, memperluas, menyimpulkan, menggeneralisasikan, memberikan contoh, menuliskan kembali, dan memperkirakan. Dengan pemahaman, siswa diminta untuk membuktikan bahwa ia memahami hubungan yang sederhana di antara fakta – fakta atau konsep.



Pemahaman juga dapat diartikan perbuatan atau cara yang digunakan untuk membuat anak menjadi paham atas materi yang sedang diterangkan. 

Sebagai bukti dari tingkat pemahaman siswa dapat diukur dari hasil belajar siswa. Hasil belajar yang menunjukan nilai sesuai dengan kriteria ketuntasan berarti tingkat pemahaman anak sudah memenuhi syarat. Dalam hal ini penulis mengukur tingkat pemahaman siswa dari hasil belajar dengan persentase di Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang telah ditentukan.

Daftar Pustaka:

Suharsimi Arikunto. 2009. Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan (edisi revisi). Jakarta: Bumi Aksara. Tim Penyusun Kamus. 1993. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar