Sabtu, 21 Juli 2012

PENGERTIAN IPS

Pengertian5 - Menurut Drs. Suwarno  (2011 : 117), ilmu pengetahuan dapat diartikan sebagai pengetahuan yang tersusun secara sistematis dengan menggunakan kekuatan pemikiran, dimana pengetahuan tersebut selalu dapat diperiksa dan ditelaah dengan kritis oleh setiap orang yang akan mengatahuinya . Sedangkan sosial adalah sesuatu yang berhubungan dengan masyarakat (KBBI, 1993 : 855). 

Istilah Pengetahuan Sosial dalam kurikulum 2004 sebenarnya telah diperkenalkan sebagai Ilmu Pengetahuan Sosial, pada kurikulum tahun 2006 diperkenalkan lagi sebagai Ilmu Pengetahuan Sosial, dan pada Kurikulum 1975 di Pedoman Umum IPS Untuk Guru Sekolah Dasar, tim merumuskan: Ilmu Pengetahuan Sosial adalah pelajaran yang merupakan suatu fusi atau paduan dari sejumlah mata pelajaran sosial. Dapat juga dikatakan bahwa Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan mata pelajaran yang menggunakan bagian-bagian tertentu dari ilmu-ilmu sosial. Ilmu-ilmu sosial yang penting banyak memberi sumbangan kepada IPS ialah Geografi, Sejarah, Sosiologi-Antropologi, dan Ekonomi. Akan tetapi di samping itu juga banyak diperlukan bahan dari Ilmu Politik, Psikologi, Filsafat, bahkan adakalanya juga Ilmu Pengetahuan Alam. Sedang Pengetahuan Sosial adalah merupakan seperangkat fakta, peristiwa, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan perilaku dan tindakan manusia untuk membangun dirinya, masyarakatnya, bangsanya, dan lingkungannya berdasarkan pada pengalaman masa lalu yang dapat dimaknai untuk masa kini, dan diantisipasi untuk masa yang akan datang. Pengetahuan sosial merupakan terjemahan dari Social Studies, yaitu bidang pelajaran bagi siswa di sekolah dasar dan menengah mengenai kehidupan kemasyarakatan dan bahannya berasal dari berbagai disiplin ilmu sosial. Untuk melukiskan dan menjelaskan berbagai peristiwa dan masalah yang timbul dari kehidupan masyarakat itu, digunakan pendekatan interdisiplin. Studi Sosial bersifat lebih praktis, tidak menyajikan materi yang terlalu abstrak dan teoritis, tetapi lebih bersifat terapan. Studi Sosial lebih menitikberatkan pada bahan-bahan pelajaran yang langsung menyangkut kepentingan siswa dalam rangka proses belajar mengajar guna mencapai tujuan-tujuan pendidikan.
 
Materi Ilmu Pengetahuan Sosial sebenarnya sangat banyak karena berkaitan dengan kehidupan sosial masyarakat yang semakin lama semakin kompleks. Untuk itu perlulah guru Ilmu Pengetahuan Sosial memilih dan memilah materi mana yang bermanfaat bagi peserta didik. Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan mata pelajaran yang mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial dan kewarganegaraan. Dalam mata pelajaran IPS kelas II semester 1 membahas tentang: hak dan kewajiban, dokumen pribadi dan keluarga, dan saling menghormati. Sesuai dengan program semester yang guru/ peneliti susun, maka penelitian ini akan meneliti pemahaman siswa tentang hak dan kewajiban.   

 
Berdasarkan definisi di atas, penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa IPS merupakan ilmu yang mempelajari perilaku kehidupan manusia sebagai makhluk hidup bermasyarakat yang terpadu yang merupakan penyederhanaan, adaptasi, seleksi dan modifikasi yang diorganisasikan dari konsep-konsep keterampilan sejarah, geografi  ekonomi, politik, sosiologi, antropologi dan psikologi.


Daftar Pustaka:
Suwarno. 2011. Ilmu Sosial dan Budaya Dasar (ISBD). Surakarta: Qinant.
Tim Penyusun. 2004. Pemahaman Sosial. Jakarta: Erlangga.
Tim Penyusun Kamus. 1993. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar